PENYAKIT LUAR PADA BEBEK PETELUR

PENDAHULUAN
penyakit luar pada unggas terutama pada penyakit bebek petelur pada umumnya tidak menimbulkan kematian tetapi secara ekonomi merugikan karena penyakit luar seperti kutu akan menghisap darah unggas pada bebek dan menimbulkan kegatalan sehingga menggangu pertumbuhan dan produksi telur. penyakit kutuan karena kutu,caplak,pinjal atau tungau. yang sangat parah lagi dapat menurunkan produksi telur sampai 20% bebek petelur jarang terkena karena harus di panen sebelum 7-8 minggu apabila sudah parah.
PENYEBAB PENYAKIT
parasit luar yang dapat menyebabkan penyakit antara lain kutu,tungau,caplak,dan pinjal. 
-->kutu dapat menyerang bebek antara lain,menopon gallinae,manachantus stamineus,liperus,heterographus,
-->tungau yang menyebabkannya antara lain : dermansyuss gallinae, orhitnonysuus bursa,megnina 
-->caplak yang dapat mnyerang antara lain : argas rebertsi
-->pinjal yang dapat menyerang antara lain : echidnophage gallinacea
lalat pada bebek tidak menimbulkan penyakit secara langsung tetapi dapat bertindak sebagai sektor penyakit dan dpat mengganggu produktifitas.
GEJALA PENYAKIT
gejala penyakit akibat serangan parasit luar pada bebek antara lain : gelisah, nafsu makan menurun,kurus dan tidak tenang.apabila ingin mengetahui bebek yang  terserng kutu atau parasit dari luar akan terllihat jelas pada tingkah laku ternak,penularan penyakit bisa terbawa dari angin atau terkontaminasi dari hewan yang terkena kutu atau tungau.
PENGENDALIAN PENYAKIT
 1. melakukan sanitasi kandang ( kandang di bersihkan di cuci dan di semprot dengan antisep atau formades,atau spporades.) membatasi pengunjung yang ingin melihat peternakan bebek, mencegah hewan luar masuk kedalam area pemeliharaan.
2  usaha peternakan bebek di kelola dengan baik,dari manajemen kandang,sehinnga terciptanya suasana yang nyaman buat bebek.jumlah ayam dalam kandang tidak terlalu banyak,ventilasi udara yang baik dan cukup sehinnga bebek yang berada di dalam kandang merasa nyaman dan mengurangi stres yang dapat mengurangi produksi telur
3  memebersihkan feses yang berada di  dalam kandang secara rutin dalam 2 kali seminggu agar di dalam kandang akan merasa nyaman kondisi bebek.menambahkan zat zeolit dalam ransum dengan dosis 2-4 kg per 100 kg ransum.agar fese yang di keluarkan tidak encer seperti feses bebek seperti biasannya.sehinga mengurangi predator yang dapat merugikan pada pemeliharaan bebek.
PENGOBATAN
 untuk membunuh kutu,caplak,pinjal atau tungau dengan obat anti kutu ( kututox)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar