Cara Menghilangkan Bau Kandang Bebek



Nama  : Siti Aisah
Nim     : 1303055155

Faktor Bau kandang merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan oleh para peternak, selain mengganggu kenyamanan para pekerja dan lingkungan sekitar peternakan, bau juga berpengaruh terhadap bebek atau entok itu sendiri. Iya, dengan kandang yang berbau dan kotor membuat bebek atau entok menjadi tidak nyaman, Jika bau kotoran di kandang menghilang, bebek atau unggas lainnya bisa lebih fokus makan sehingga produksi daging atau telor meningkat.

Pakan unggas yang beredar saat ini mengandung keragaman kandungan nutrisi berupa protein yang berbeda-beda, antara 15% sampai 30%. Nah dengan kandungan protein ini sangatlah mempengaruhi kotoran bebek serta entok nantinya. Pencernaan unggas tidak dapat mencerna sempurna pakan berprotein tersebut, sehingga kotoran yang keluar masih banyak mengandung protein. Protein inilah penyebab kandang menjadi bau.

Ada beberapa cara menghilangkan bau kandang yaitu:

- Menambahkan Probiotik. Probiotik berfungsi membantu menghancurkan protein dalam pencernaan, sehingga penyerapan protein oleh unggas menjadi maksimal sehingga protein yang terbuang melalui menjadi sedikit dan bau yang dihasilkanpun berkurang drastis. Selain itu pertumbuhan bebek dan entok menjadi lebih cepat.

- Melakukan Pemeliharaan Kandang secara berkala. Cara ini dengan melakukan penyemprotan desinfektan atau dengan ramuan-ramuan yang gampang kita buat sendiri seperti air detergen, air pemutih pakaian, Campuran pewangi pakaian, atau dengan air campuran pembersih lantai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar