Kiat Untung Besar Bisnis Bebek Mojosari



Nama  : Siti Aisah
Nim     : 1303055155

Beternak bebek mojosari memang menggiurkan, meski pemeliharaannya tak mudah. Peternak harus mampu menekan biaya pakan, supaya keuntungan mengucur deras. Selain itu, peternak harus menjaga kebersihan kandang agar bebek nyaman saat bertelur. Bagi peternak pemula, membudidayakan bebek asal Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur, ini bisa melalui dua cara. Pertama, dengan memelihara induk yang siap bertelur. Kedua, menetaskan telur tanpa induk. 
Setidaknya, ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh para peternak, yakni pakan, kandang, dan perawatan. Soal pakan, formula yang salah akan berakibat pada kematian. Bebek diberi makan tiga kali sehari dengan menu yang sama setiap harinya. Jangan sampai bebek makan bangkai, seperti bangkai tikus atau bangkai cecak, karena berakibat kematian.

Standar pakan yang baik harus memenuhi unsur protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan air dalam jumlah yang cukup dan seimbang. Misal, untuk bebek petelur yang berumur 26 minggu ke atas, pakan harus mengandung protein sebesar 18% dan karbohidrat minimal 2.900 kilo kalori.
Setelah mencapai umur empat bulan, bebek petelur harus banyak aktivitas atau diangon, untuk mendapatkan pakan tambahan berupa hijauan seperti rontokan padi ataupun cacing.

Namun, selain kombinasi nutrisi yang baik, peternak harus melakukan efisiensi makanan bebek. Hal ini dikarenakan keuntungan bebek terletak antara lain pada pengelolaan pakan. Biaya pakan bebek rata-rata adalah sebesar Rp 40.000 per 100 ekor per hari. Tak hanya pakan, peternak juga harus menyiapkan kandang yang ideal bagi bebek. Yakni, cukup angin, cukup sinar matahari, dan selalu kering atau tiada genangan. Sebagai patokan, per satu meter persegi, maksimal diisi oleh empat ekor bebek.

Hal lain yang harus diperhatikan peternak adalah kehangatan suhu untuk kandang day old duck (DOD) atau anak bebek usia satu hari sampai tujuh hari. Biasanya, peternak menggunakan lampu bohlam untuk mendapatkan suhu antara 34 derajad celcius hingga 36 derajad celcius, atau suhu yang sama dengan yang ada di dalam telur. Pemanas buatan tersebut mesti dipakai hingga bebek berumur tiga minggu. Kandang bebek pun harus diberi alas berupa jerami padi agar bebek tidak langsung terkena kelembapan tinggi dan debu yang berasal dari tanah. Jika langsung menyentuh tanah, bebek dapat terserang penyakit saluran pernapasan yang dapat mengakibatkan kematian.
Saat bebek masih berusia satu hari sampai tujuh hari, kandang bebek dengan luas satu meter persegi idealnya dihuni 35 ekor sampai 40 ekor anak bebek. Selanjutnya, jumlah anak bebek mojosari dalam kandang koloni harus terus dikurangi, karena bebek ini masih dalam proses pertumbuhan sehingga membutuhkan tempat yang cukup luas untuk bergerak. Setelah berumur tiga minggu, kandang tak perlu penghangat buatan. Selain itu, bebek tidak perlu lagi diberikan vitamin tambahan. Penambahan suplemen hanya dilakukan dalam kondisi tertentu, seperti saat bebek sakit.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar